Selasa, 20 April 2010

Jauhkanlah Keluargamu Dari Api Neraka


“Wahai orang-orang yang beriman,jagalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu”.(At-Tahrim : 6)
Menjaga keluarga dari siksa api neraka adalah wajib hukumnya, sebagaimana disampaikan Alloh dalam firman-Nya di atas. Yang menjadi pertanyaan barangkali bagaimana caranya kita melakukannya, tidak lain adalah dengan ilmu. Ilmu dapat membimbing, menuntun kita kepada jalan yang semestinya kita lalui, dengan ilmu kita terbimbing kepada tujuan yang kita harapkan yaitu Jannah. Ilmu bak cahaya dikegelapan malam. Maka tidak heran kalau Allah dan Rosulnya menyanjung orang-orang yang berilmu di dalam firman-Nya dan sabda nya.

Untuk memenuhi kebutuhan ini mestinya kita mengajarkan kepada keluarga kita akan ilmu. Karena itu, adh-Dhahhak dan Muqatil menafsirkan ayat tersebut diatas,“Wajib bagi setiap muslim, mengajarkan keluarganya, kerabat dan hamba sahayanya akan apa yang diwajibkan oleh Allah atas mereka, dan apa yang dilarang-Nya.”Hal senada dikatakan oleh At-Tha bari, “Hendaknya kita mengajari anak-anak dan keluarga kita masalah agama dan kebaikan, serta apa-apa yang penting dan dibutuhkan dalam persoalan adab dan akhlak.”

Oleh karena itu pentingnya menjaga diri sendiri dan keluarga dengan cara mengajari anak kita tentang akidah yang benar. Karena anak adalah masa depan dari kita, apabila anak kita mempunyai akhlak yang baik maka baik pula nama keluarganya. Namun jika mempunyai anak yang berperilaku buruk maka buruk pulalah nama keluarga kita. Dan mendidik anak kita dengan pendidikan yang tepat menurut kepercayaan dan keyakinan kita, karena yang bertanggung jawab dan berhak atas Pendidikan anak adalah orang tua. Karena tergantung orang tua juga untuk menjadikan anaknya sebagai Mukmin, Yahudi, Nasrani atau Majusi. kemudian menjaga peragaulan anak kita supaya tetep masih berjalan sesuai dengan kaidah yang berlaku dan tidak tergilas dengan perilaku yang menyimpang. Kemudian berilah contoh akhlak yang terpuji. Keteladanan merupakan faktor penting dalam menjaga keluarga kita dari sebuah kehancuran. Baik atau buruknya akhlak seorang anak sangat tergantung dari keteladanan yang diberikan oleh orang tua. Kemudian menumbuhkan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah. Bertaqwa kepada Allah adalah awal dari segalanya. Semakin tebal ketaqwaan seseorang kepada Allah, maka semakin kuatlah kita membentengi keluarga kita dari kehancuran dan api neraka. Karena Allah SWT menginginkan manusia agar bertaqwa dengan sebenar-benarnya.

Dan semoga kita selalu mendapatkan bimbingan dari Allah dan dijauhkan dari kehancuran yang pada akhirnya kita selamat dari api neraka.

thumbnail
Judul: Jauhkanlah Keluargamu Dari Api Neraka
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz