Selasa, 27 Juli 2010

DUA SEGI KAUM WANITA YANG SANGAT DI PERHATIKAN DALAM ISLAM (Segi Kemanusiaan dan Hak Sosial)


Segi Kemanusiaan.
Dari segi kemanusiaan, wanita sejak dahulu terabaikan wanita hanya dijadikan alat untuk memberikan kenikmatan atau digambarkan dalam bentuk iblis yang menjijikkan dan memuakkan yang diwaspadai makar dan tipuannya. Oleh karena itu, Islam yang agung memberikan batasan dan mengatur unsur biologis dengan perkawinan kemudian menerangkan tata cara berinteraksi dalam rumah tangga dan memformalkannya dengan sejumlah metode dasar interaksi dalam rumah tangga dan hubungan kekeluargaan


Islam menghapus sebersih-bersihnya sifat iblis yang digambarkan pada wanita dan mengembalikan kemanusiaanya kepada batas-batas yang agung, dan menetapkan prisnsip dasar bahwa wanita adalah saudara laki-laki mereka diciptakan dari tanah dari elemen yang sama, maka tidak ada perbedaan dan perubahan.

Hak sosial
Wanita sebelum Islam tidak memiliki hak berbuat, tidak ada hak untuk mengutarakan pendapatnya, atau ikut serta dalam sebuah tanggung jawab. Mereka dilarang berperan dalam hal-hal tersebut karena keegoisan laki-laki, kebodohan dan otoriternya dalam setiap hak, sedangkan Islam menolak semua kekeliruan itu, bahkan memberikan yang terbaik. Allah SWT berfirman :
”Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf.”
(QS. Al-Baqarah : 228)
”Bagi kaum laki-laki ada bagian dari pada apa yang mereka usahakan,dan bagi kaum wanitapun ada ba gian dari apa yang mereka usahakan.”
(QS. An-Nisa’ : 32)
Maka, dengan dasar ini Islam meletakkan wanita di hadapan tanggung jawabnya melalui konteks kemanusiaan, sosial, kebebasan, dan keagungan.

thumbnail
Judul: DUA SEGI KAUM WANITA YANG SANGAT DI PERHATIKAN DALAM ISLAM (Segi Kemanusiaan dan Hak Sosial)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz