Rabu, 28 April 2010

Jagalah Pendidikan Anak-Anakmu


Setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses dan bahagia dalam hidupnya.Sehingga, para orang tua mengarahkan anak-anaknya untuk masuk ke sekolah yang mereka anggap dapat mengantarkan anaknya ke pintu gerbang kesuksesan. Tapi sangat disayangkan sekali, mungkin karena terlalu terobsesi agar anaknya menjadi orang sukses, terkadang membuat sebagian orang tua tidak lagi menimbang aspek-aspek lain, seperti apakah sekolah tersebut membahayakan aqidah dan iman anak-anak mereka ataukah tidak. Mereka tidak terlalu memperdulikan itu, bagi mereka yang penting anaknya sekolah di sekolah yang bermutu tinggi.

ALLAH telah memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk menjaga diri dan kelurganya dari api neraka sebagaimana yang tertuang dalam surat at-Tahrim ayar 6 diatas. Maksud memelihara dalam ayat tersebut, menurut Adh-Dhahak dan Muqatil bin Hayyan,dalam Tafsir Ib nu Katsir, adalah :
”Setiap muslim berkewajiban mengajari keluarganya, termasuk kerabat dan budaknya, berbagai hal berkenaan dengan hal-hal yang diwajib kan Allah Ta’ala kepada mereka dan apa yang dilarang-NYA.” Pendidikan anak adalah orang tua yang paling berhak dan paling bertanggung jawab atas pendidikan anak nya, untuk menjadikan anaknya sebagai Mukmin, Yahudi, Nasrani atau Majusi. Rasulullah telah bersabda :
”Tidaklah seorang anak lahir melainkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tualah yang menjadi kannya Yahudi, Nasrani, dan Majusi. (HR. Muslim)

Demikianlah, maka suatu kesalahan besar jika anak-anak muslim sekolah di sekolah selain muslim, karena tidak akan mungkin mereka dapat mengenal agama Islam dan tidak akan mungkin mereka dapat melaksanakan agama dengan baik di sekolah-sekolah tersebut, bahkan mereka setiap hari disodori dengan yang laenya.

Q.S. At-Tur : 21-24
Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga) dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.

Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini. Di dalam surga mereka saling memperebutkan piala (gelas) yang isinya tidak (menimbulkan) kata-kata yang tidak berfaedah dan tiada pula perbuatan dosa. Dan berkeliling di sekitar mereka anak-anak muda untuk (melayani) mereka, seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan.

Dari Anas r.a., “Aku telah melayani Rasulullah SAW selama 10 tahun. Demi Allah beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata hardikan kepadaku, tidak pernah menanyakan : ‘Mengapa engkau lakukan?’ dan pula tidak pernah mengatakan: ‘Mengapa tidak engkau lakukan?’”
(Hadits Riwayat Bukhari, Kitabul Adab 5578, Muslim, Kitabul Fadhail 4269, dan selain keduanya)
thumbnail
Judul: Jagalah Pendidikan Anak-Anakmu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz