Jumat, 23 April 2010

Mengajarkan Aqidah Yang Benar


Keimanan (aqidah) adalah hal terpenting yang harus senantiasa diperhatikan oleh orangtua. Karena jika aqidah seseorang baik dan kuat maka segi-segi yang lainpun akan menjadi baik. Oleh karena itu kita harus menancapkan kepada keluarga kita tentang betapa pentingnya sebuah akidah untuk membentengi keluarga kita dari gerogotan-gerogotan syaitan yang senantiasa menjerumuskan keluarga kita. Sebagaiamana ketika Nabi mengadzani telinga Al Hasan Bin Ali seperti hadist yang teah diriwayatkan oleh Abi Rafi yang artinya:
Diriwayatkan oleh Abi Rafi‘ bahwa Nabi SAW mengazani telinga al-Hasan ketika dilahirkan oleh Fatimah ra. (HR Abu Daud, At-Tirmizy dengan sanad shahih).

Melihat dari hadist diatas bisa diambil kesimpulan bahwa begitu pentingnya mengajarkan kepada anak kita dengan akidah yang kuat. Sampai-sampai ketika ada anak yang baru lahirpun di haruskan untuk mendengarkan suara adzan. Alias kalimat-kalimat tauhid. Kalimat tauhid menjadi ilmu pertama yang didengar oleh bayi. Memang adzan memiliki keistimewaan tersendiri, yakni bila dibacakan, akan membuat setan lari.


Tidak ada jalan lain untuk menghindar bahkan menyingkirkan pengaruh negatif dari hal-hal yang disebut diatas adalah mendalami, memahami dan mengaplikasikan Aqidah yang shahih agar hidup kita yang sekali dapat berjalan sesuai kehendak Sang Khalik demi kebahagiaan dunia dan akherat, di dalam Al-Qur’a pun Allah SWT berfirman dalam Surah An-Nisa' 69 yang artinya :
Dan barangsiapa yang menta'ati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni'mat Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."

Dan juga dalam Surah An-Nahl 97 yang artinya :
Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Sesungguhnya agama islam adalah aqidah dan syariíah. Adapun yang dimaksud dengan aqidah, yaitu setiap perkara yang dibenarkan oleh jiwa dan dengan hati menjadi tentram serta menajdi keyakinan bagi para pemeluknya , tidak ada keraguan dan kebimbangan bagi pemeluknya .

Bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu kebajikan , akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, Malaikat- Malaikat , Kitab- Kitab dan Nabi- Nabi . (Al Baqoroh :177)

Nah pengamalan ajaran seperti inilah yang akan bisa mengantarkan manusia itu menjadi orang yang benar-benar beriman dan bertaqwa, yaitu suatu sebutan yang paling mulia di sisi Allah Swt. Dengan kata lain, iman dan taqwa sebagai dasar akidah sebagai kunci kesuksesan hidup dunia dan akhirat. Dalam sikap ini terkandung gaya hidup yang islami, patuh, ikhlas.tawadhu’, ulet dalam berusaha, sabar dsb. Dan jelas akan selalu mengutamakan hak Allah dari pada segala-galanya.

thumbnail
Judul: Mengajarkan Aqidah Yang Benar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz