Minggu, 25 April 2010

TAULADAN DALAM IBADAH DAN AKHLAQ


Keteladanan merupakan faktor penting dalam sebuah pendidikan. Baik atau buruknya akhlak seorang anak sangat tergantung dari keletadanan yang diberikan oleh orang tua.
Seorang ibu harus mengajari anaknya akhlak yang baik dan tingkah laku yang terpuji serta mencegahnya dari akhlak yang buruk serta sifat-sifat yang tercela, seperti berdusta, mencuri, mencela, mengikuti orang kafir dalam kefa ikan dan kejahatan mereka, serta melihat dan mendengar hal-hal yang haram, baik itu berupa gambar maupun lagu,juga melepas hijab dan ikhtilath.

Yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang ibu adalah memantau akhlak. Artinya,jika dia mendengar dari anaknya misalnya suatu kebohongan atau kata-kata tidak terpuji, maka dia harus segera melarangnya untuk tidak mengulanginya kembali. Jika ia tidak meninggalkannya, maka dia akan diberi sangsi. Selain itu, seorang ibu juga harus memantau tingkah laku anaknya dan dengan siapa dia berjalan serta bergaul, sehingga anaknya terhindari dari penyimpangan serta tidak bergaul dengan orang-orang jahat. Juga menyuruh anaknya untuk bergaul dengan orang-orang shaleh serta menjauhi orang-orang yang suka melakukan kerusakan. Dengan demikian, peringatan yang terus-menerus di berikan kepada anaknya akan membekas di dalam hatinya, sehingga dia akan membenci segala bentuk kejahatan dan kerusakan, serta mewaris kan di dalam dirinya ketidaksukaan pada penyimpangan dan penyelewengan.


Menurut Abdullah Nashih Ulwan,hal ini karena orang tua adalah contoh terbaik dan terdekat dalam pandangan anak, yang akan ditirunya dalam tindak-tanduknya dan tata santunnya, disadari ataupun tidak, bahkan tercetak dalam jiwa dan perasaan suatu gambaran orangtua tersebut, baik dalam ucapan atau perbuatan, baik material atau spiritual, diketahui atau tidak diketahui. Betapapun suci dan bersihnya fitrah manusia, betapa pun baiknya suatu sistem pendidikan tidak akan mampu mencetak/ membentuk generasi yang baik, tanpa adanya keteladanan dari sang pendidik ( orangtua ).

Anak akan tumbuh dalam kebaikan, memiliki kemuliaan akhlak, jika kedua orang tuanya memberikan teladan yang baik, demikian pula sebaliknya, ia akan tumbuh dalam kesesatan, berjalan dalam kekufuran dan kemaksiatan, jika ia melihat kedua orang tuanya memeberikan teladan yang buruk. Tidak mungkin sang anak belajar amanah, kemuliaan, sopan santun, kasih sayang dan sebagainya,jika kedua orang tua memiliki sifat yang berlawanan seperti dusta, kasar, suka mencelapun sebaliknya.

Pendidikan keteladanan terbaik bagi anak, ialah jika ke dua orang tua mampu menghubungkan anaknya dengan keteladanan Rasulullah SAW, uswah seluruh ummat manusia. Sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW :

Didiklah anak-anakmu tiga perkara : cinta kepada Nabi mereka, cinta kepada sanak keluarga dan membaca Al-Qur`an ” ( H.R. ath-Thabrani )

thumbnail
Judul: TAULADAN DALAM IBADAH DAN AKHLAQ
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz