Jumat, 27 Juli 2012

Kiamat Pasti Akan Datang

Iman terhadap hari kiamat adalah salah satu dasar aga ma.Keimanan tidak sempurna tanpa iman terhadap hari ki amat.Allah berfirman :
“Menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu bukanlah suatu kebaktian,tetapi sesungguhnya kebaktian itu ialah kebaktian orang yang beriman kepada Allah,hari kemudian,malaikat-malaikat,kitab-kitab,nabi-nabi.”(QS.al-baqarah : 177)
“Dan orang-orang mukmin itu beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al-Qur’an),dan apa yang te  lah diturunkan sebelummu dan mereka yang mendirikan shalat,menunaikan zakat,serta beriman kepada Allah dan hari kemudian.Orang-orang itulah yang akan Kami beri pa hala yang besar.” (QS. an-Nia’ : 162)
Al-Qur ‘an menyebutkan iman kepada hari akhir dengan gaya penjelasan yang bervariasi agar keimanan itu benar -benar tertancap di dalam jiwa seorang mukmin.
”Ia mengatur urusan (makhluk-Nya),menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya,supaya kemu menyakini pertemu an (mu) dengan Tuhan.” (QS. ar-Ra’du : 2)
Secara ilmiah maupun informasi Al-Qur'an kita mendapat kan kepastian bahwa Kiamat memang bakal terjadi.Tidak ada peluang untuk tidak mempercayai tentang terjadi nya Kiamat.Secara umum,Kiamat adalah kehancuran dunia kita.
Dalam konteks ilmiah,dunia kita akan mengalami kiamat dua kali : yaitu kehancuran planet Bumi dan kehancuran Alam Semesta.Ternyata,Agama kita pun mengenal dua macam kiamat,yaitu Kiamat Sughra (Kiamat Kecil) dan Kiamat Kubra (Kiamat Besar).Maka,kedua pemahaman itu sebenarnya sudah berjalan seiring.Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa kiamat kecil adalah hancurnya Bu mi.Sedangkan Kiamat besar adalah hancurnya alam se mesta. 
Secara ilmiah,Bumi kita memang diperkirakan akan meng alami kehancurannya.Setidak-tidaknya ada 2 mekanisme yang bisa menyebabkan hancurnya Bumi.Yang pertama adalah padamnya Matahari dan yang kedua adalah terja dinya tabrakan antara Bumi dengan batu-batu angkasa. Secara ilmiah hal tersebut bisa diperhitungkan dan bisa di jelaskan. 
Akan tetapi secara umum,Bumi ini memang dipastikan ba kal mengalami kehancuran secara alamiah.Maka jika Bu mi mengalami kehancuran yang dahsyat,seluruh kehidu pan di permukaannya pun akan ikut punah. 
Demikian pula,secara Qur'ani.Allah berkali-kali mengata kan bahwa kiamat pasti akan datang.Tidak perlu ada kera guan tentang datangnya kiamat itu.Bumi akan mengalami kehancuran yang sangat dahsyat dan fatal.Allah masih merahasiakan peristiwa itu,tetapi pasti ia datang !!
Dalam beberapa ayat,Allah menafikan keraguan akan da tangnya hari kiamat,seperti ;
“Sesungguhnya hari kiamat  pasti akan datang tiada kera guan tentang nya,tetapi kebanya kan manusia tiada ber iman” (QS. al-Mu’min : 59)
“Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik.”(QS. al-Hijr : 85)
“Siapa yang mengharap pertemuan dengan Allah,maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu pasti da tang.dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Menge tahui.” (QS. al-Ankabut : 5)
Dalam beberapa ayat,Allah bersumpah dengan diri-Nya sendiri,dan terkadang dengan makhluk-makhluk yang di ciptakan-Nya bahwa kiamat pasti datang.Contoh sumpah dengan diri-Nya sendiri,
”Allah,tiada Tuhan selain Dia.Sesungguhnya Dia akan me ngumpulkanm kamu di hari kiamat.” (QS. an-Nisa’ : 87)
thumbnail
Judul: Kiamat Pasti Akan Datang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz