Jumat, 27 Juli 2012

Inilah Hari Kiamat

Hari Kiamat pasti akan tiba ! Itulah yang menjadi keyaki nan kita sebagai muslim yang beriman.Percaya akan ada nya hari kiamat merupakan salah satu rukun Iman.Tetapi kapan kah kiamat itu akan terjadi ?.Tiada seorang pun yang tahu,kecuali Allah swt.Rasulullah sendiri tidak meng etahuinya,sebab semua itu menjadi rahasia Allah swt, yang tidak diberitahukan kepada para hamba-Nya.
Sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup,Al-Qur’ an mengatakan bahwa hari kiamat sudah dekat dan akan ter jadi secara tiba-tiba.Namun,kini sudah berjalan hampir 1500 tahun,kiamat belum juga terjadi.Tentu saja,kita se bagai orang Islam,pasti tidak akan meragukan sedikitpun kebenaran Al-Qur'an sebagai firman Allah.Dan berbagai cara pendekatan dalam memahami Al-Qur'an juga menun jukkan bahwa tidak ada kekeliruan sedikitpun di dalam in formasi Al-Qur'an.Jadi kesimpulannya,agaknya kita harus cermat dalam menginter pretasikan informasi dari kitab suci kita itu.                       
Meskipun Allah mengatakan bahwa kiamat bakal terjadi, tetapi menurut Allah terjadinya secara tiba-tiba.Sehingga, Dia katakan bahwa kiamat itu menjadi rahasia Allah.Di ayat berbeda Allah menyampaikan bahwa pengetahuan tentang kia mat adalah di sisi Allah.Sebagaimana Firman-Nya:
“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat:” Bilakah terjadinya? ”Katakanlah:” Sesungguhnya pengetahuan ten tang hari kiamat itu adalah di sisi Allah,tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang dilangit dan dibumi.Kiamat itu tidak akan datang ke pada mu melainkan dengan tiba-tiba”.Mereka bertanya ke pada mu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya .Kata kanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah disisi Allah,tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya." (Surat Al A'raaf : 187).
Meskipun firman Allah di atas menegaskan,bahwa hanya Allah-lah yang mengetahui,tiada satu makhlukpun di alam ini yang mengetahui tentang kiamat,setidak-tidak nya Allah telah memberikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat sudah dekat.
Firman-Nya yang lain :
"Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang,tak ada keraguan padanya;dan bahwasanya Allah membang kitkan semua orang di dalam kubur." (QS. Al –Hajj : 7)
“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang,tidak ada keraguan tentangnya,akan tetapi kebanyakan manusia tia da beriman (mempercayainya).” (QS. Al-Mu’min : 59)
“Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang,Aku meraha siakan agar supaya setiap diri dibalas dengan apa yang te lah dia usahakan.” (Qs. Thaha :15) 
“Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan Bumi dan apa yang ada di antara keduanya,melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, . . .” (QS. Al Hijr : 85) 
 “Telah dekat terjadinya kiamat.Tidak ada yang menyata kan terjadinya hari itu kecuali Allah.” (QS. An-Najm : 57 – 58) 
“Dan kepunyaan Allah-lah segala apa yang tersembunyi di langit dan di bumi.Tidak adalah kejadian kiamat itu,me lain kan seperti sekejap mata atau lebih cepat (lagi).Se sungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS An-Nahl : 77).        
"Apabila bumi ini diguncang kan dengan guncangan nya (yang dahsyat).Dan bumi telah mengeluarkan benda-ben da berita (yang dikandung)-nya.Dan manusia bertanya :” Mengapa bumi (jadi begini)?” Pada hari itu bumi mence ritakan beritanya.Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerin tahkan (yang demikian itu) kepadanya.Pada hari itu manu sia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam,supaya diperhatikan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.Barang siapa yang mengerja kan kebaikan sebesar dzarrah-pun,niscaya dia akan me lihat (balasan)-nya.Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebe rat dzarrah-pun,niscaya dia akan melihat (balasan)-nya pula." (QS. Az-Zalzalah : 1-8).
"Sesungguhnya Allah,hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang kiamat.Dia-lah yang menurunkan hujan, mengetahui apa yang ada dalam rahim.Dan tiada seo rang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok.Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.Se sungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Menge nal."(QS. Luk man : 34).  
Dari ayat-ayat tersebut,kita ketahui bahwa Al-Qur’an te lah menjelaskan tanda-tanda yang mengumumkan data ng nya Hari Akhir.Agar kita dapat memahami tanda-tanda ‘peng umuman besar’ ini,kita harus merenungkan ayat ini. Sebaliknya,seperti yang ditunjukkan dalam ayat ini,pemiki ran kita tidak akan berguna sama sekali ketika Hari Akhir tiba-tiba datang kepada kita.Seperti halnya seorang sutra dara yang tiba-tiba memberhentikan alur cerita tanpa ada pemberitahuan. Bisa apakah seorang peran utama jika ce rita itu di tutup.Da lam sabdanya Rasulullah saw berkata :
"Kiamat tidak akan terjadi sebelum waktu (terasa) saling berdekatan.Satu tahun seperti sebulan.Satu pekan seper ti satu hari.Satu hari seperti satu jam.Satu jam seperti la manya membakar daun kur ma."
"Kiamat tidak akan terjadi sehingga di muka bumi tidak ter dengar lagi ucapan, Laillaha Illallah.Sedangkan menurut ri wayat Muslim,"Kiamat tidak akan terjadi sehingga dimuka bumi tidak terdengar lagi ucapan. Allah, Allah..."
Yang jelas kita harus menyikapi tanda-tanda hari kia mat dengan baik yaitu dengan beriman kepada hari kiamat yang merupakan rukun iman yang kelima.Dengan demiki an,percaya adanya hari kiamat merupakan suatu keyaki nan yang harus dimiliki oleh setiap orang mukmin.Hari kia mat juga disebut dengan hari akhir atau hari penghabi san,karena pada hari itu tidak ada siang maupun malam. Dapat pula diartikan per mulaan akhirat berarti penghabis an hari-hari dunia.Hari kia mat atau hari akhir juga disebut hari hisab,hari ba'ats,hari jaza',mizan,sirat,surga dan ne raka.Karena,Permasalahan beri kutnya setelah kita mengi mani hari kiamat adalah kapankah terjadi hari kiamat itu?. Jawabnya adalah siapa pun tidak ada yang tahu kapan datangnya hari kiamat itu!Nabi pun tidak tahu kapan datangnya hari Kiamat itu,hanya Allah-lah yang menget ahui persoalannya.Namun kita wajib meyakini bahwa hari kiamat itu pasti akan terjadi.
thumbnail
Judul: Inilah Hari Kiamat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz