Rabu, 12 Juni 2013

Materi Perubahan Sosial Dalam Islam



Kedatangan Islam dengan ajaran-ajaran yang bersumber kepada wahyu Allah swt. telah memberi nilai-nilai baru pada setiap orang yang memeluknya. Nilai-nilai tersebut membentuk cara pandang yang sama sekali berbeda dari masa sebelumnya. Orang yang memeluk Islam merasa dirinya telah terlahir kembali sebagai manusia baru. Perubahan radikal ini dapat dilihat dari pidato Ja`far ibn Abi Thalib di hadapan Najasyi, Raja Habasyah,


“Paduka Raja, dulu kami adalah orang-orang jahiliyah. Kami menyembah berhala, makan bangkai, melakukan kekejian, biasa memutuskan kekeluargaan, berlaku buruk kepada tetangga, dan orang kuat di antara kami ‘memakan’ orang yang lemah. Namun setelah Allah mengutus seorang Rasul dari kalangan kami sendiri yang kami ketahui garis keturunannya….lalu beliau mengajak kami agar bertauhid dan hanya menyembah-Nya, meninggalkan tuhan-tuhan, selain Allah, yang selama ini menjadi sesembahan kami dan nenek moyang kami, baik berupa batu maupun berhala. Beliau menyuruh kami agar berkata jujur, menunaikan amanah, menjaga kekeluargaan, bertetangga dengan baik, menjauhi perkara-perkara yang haram dan tidak menumpahkan darah. Beliau melarang kami berbuat keji, berkata bohong, makan harta anak yatim dan menuduh wanita-wanita yang baik. Beliau menyuruh kami agar menyembah Allah semata dan tidak mempersekutukannya dengan apa pun…”.( Al-Sirah al-Nabawiyyah, Ibn Hisyam, al-Maktab al-Tsaqafi-Kairo, vol. 1 hal. 192)

Di sini tampak jelas, materi-materi ajaran Rasulullah saw. membangun pandangan hidup baru yang berbeda dari padangan hidup jahiliyah. Pandangan hidup baru tersebut memiliki cakrawala yang lebih luas karena mencakup pandangan manusia terhadap Allah swt. sebagai satu-satunya Tuhan yang disembahnya (tauhid), pandangan terhadap manusia dan kesamaan statusnya, dan pandangan terhadap hidup sebagai ladang kebaikan. 

Materi ajaran Rasulullah saw. lainnya juga membentuk pandangan hidup terhadap alam raya (al-kaun) sebagai kemudahan untuk menunjang kebaikan (al-taskhir) dan kehidupan akhirat sebagai ladang pembalasan dan perhitungan (al-jaza’ dan al-hisab).( Lima pandangan hidup Islam tersebut dibahas secara detail oleh Dr. Majid `Irsan al-Kilani dalam Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyyah; al-Bab al-Tsani, Nazhariyyat al-Wujud, Namudzaj al-`Alaqat bain al-Insan wa al-Khaliq, wa al-Kaun, wa al-Hayat, wa al-Akhirah fi Falsafat al-Tarbiyah al-Islamiyyah, hal. 85-228)

Pandangan hidup Islam yang diajarkan Rasulullah saw. ini ditentang keras oleh orangorang musyrik Quraisy sejak mereka mengetahui dan menyadarinya. Dalam pandangan jahiliyah, kekayaan dan ketokohan adalah syarat mutlak untuk tampil menjadi pemimpin Mekah. Dan, keduanya tidak dapat dipenuhi Rasulullah saw. yang relatif lebih muda dan tidak kaya. Prinsip kesamaan status manusia juga ditentang karena pengkastaan sosial adalah salah satu pilar utama yang menunjang perekonomian Mekah, terlebih lagi pembebasan budak yang sangat dianjurkan Islam. Ajaran sedekah dan keharusan berbagi dengan orang miskin dan lemah juga tidak dapat diterima, karena dalam pandangan jahiliyah harta adalah milik sepenuhnya si empunya yang dapat dia gunakan sesuka hatinya. Di atas itu semua, ajaran tauhid adalah yang paling ditakuti Quraisy, karena nilai-nilai dan praktik syiriklah yang selama ini menjadi tulang punggung kehidupan dan menempatkan mereka pada posisi yang terhormat di seluruh masyarakat Arab.( Lihat, Ma`rakat al-Nubuwwah ma`a al-Za`amah, Prof. Muhammad `Izzah Darwazah, makalah pada alMu’tamar al-`Alami al-Tsalits li al-Sirah wa al-Sunnah al-Nabawiyyah, al-Dauhah, Muharram 1400H, hal. 307 dan seterusnya)

Jika dicermati, perbedaan pandangan hidup inilah yang menjadi substansi pertentangan dakwah Rasulullah saw. melawan kafir Quraisy selama tiga belas tahun di Mekah, dan terus berlanjut hingga setelah hijrah ke Madinah.
thumbnail
Judul: Materi Perubahan Sosial Dalam Islam
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz