Rabu, 12 Juni 2013

PERUBAHAN SOSIAL DI MASA RASULULLAH SAW



Sebagai biografi, buku-buku sirah lebih menonjolkan peran individu Nabi saw. dalam menentukan perjalanan sejarah periode tersebut, dan memposisikan para sahabat sebagai pelengkap. Peran Rasulullah saw. tentu saja sangat besar, namun kegemilangan yang dicapai pada masa itu harus menempatkan para sahabat sebagai aktor penyeimbang yang juga sangat menentukan. 


Al-Qur’an mengajarkan cara pandang kesejarahan seperti ini kepada kita. Dalam sekian banyak surah, Al-Qur’an menampilkan kisah Musa as. Kebesaran Nabi Musa as. tidak serta merta dapat membangun peradaban risalah bersama Bani Israil yang diselamatkannya dari Mesir. Sebabnya, tentu bukan karena faktor Musa as., melainkan Bani Israil tidak dapat menjadi faktor penyeimbang bagi kebangkitan peradaban tersebut.

Hubungan timbal balik antara ajakan (dakwah) Rasulullah saw. dan penerimaan para sahabat adalah faktor yang sangat mentukan terjadinya perubahan kolektif yang dapat mewarnai bahkan membangun tatanan masyarakat baru, masyarakat risalah, kala itu. Karena itu, perlu ada kajian yang lebih spesifik tentang materi dan karakter perubahan sosial di masa Rasulullah saw., sekaligus momentum-momentum perubahan tersebut
thumbnail
Judul: PERUBAHAN SOSIAL DI MASA RASULULLAH SAW
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz